https://www.rs-import.com/slot-online/ https://www.rs-import.com/slot-bonus-new-member/

10 Daftar Universitas Terbaik di Papua


 10 Daftar Universitas Terbaik di Papua
Apa saja perguruan tinggi atau kampus negeri dan swasta terbaik yang bisa kita temui di tanah Papua? Papua merupakan salah satu pulau terluas di dunia dan memiliki potensi sumber daya alam yang sangat melimpah.

Akan tetapi seperti yang kita ketahui, saudara kita disana masih memiliki sumber daya manusia yang kurang. Oleh karena itu keberadaaan fasilitas pendidikan seperti universitas yang terjangkau dinilai penting untuk meningkatkan kualitas SDM kita.

Pada kesempatan kali ini kosngosan akan mencoba memberikan beberapa rekomendasi kampus terbaik yang bisa kamu jadikan referensi apabila ingin melanjutkan sekolah menengah atas mu ke pendidikan yang lebih tinggi disana.

Perguruan tinggi di Papua juga tidak kalah berkualitasnya apabila dibandingkan kampus kampus yang ada di daerah lain di Indonesia.  Hanya saja akses dan fasilitasnya memang bisa dibilang masih tertinggal. Bila kamu memang bertempat tinggal disana, maka lebih baik untuk melanjutkan studi didekat kota mu saja, tanpa harus merantau ke pulau lain.

Kampus Terbaik Papua

Selain itu maasyarakat papua juga harusnya bisa berkontribusi kembali bagi daerahnya masing masing. Menjadi lulusan perguruan tinggi sudah seharusnya bisa berkontribusi terhadap daerah masing masing, sehingga daerah Papua bisa lebih maju dan baik. Baiklah berikut beberapa rekomendasi perguruan tinggi yang bisa kamu jadikan referensi untuk kuliah di tanah Papua, check these out!

Baca juga :  Biaya Kuliah BINUS 2021/2022 (Universitas Bina Nusantara) Bekasi

1. Universitas Papua

UNIPA pertama kali didirikan pada tanggal 10 November 1962 silam. Universitas ini kini sudah memiliki beberapa fakultas yang cukup lengkap, yaitu Fakultas Keguruan pharmacy medication dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum, Ketatanegaraan dan Ketataniagaan, Fakultas Pertanian dan Peternakan.

Pengembangan UNIPA melalui tahapan penataan kelembagaan dan organisasi, penataan program studi dan jurusan, pemantapan kelembagaan dan program studi, pembangunan sarana fisik, pemantapan rencana pembangunan sarana fisik dan tahap kemandirian UNIPA

2. Universitas Kasuari

Universitas kasuari terletak di kota Manokwari. Tidak ada informasi yang lebih detail mengenai sejarah dan daftar fakultas serta jurusan yang ada di perguruan tinggi ini.

Karena sampai artikel ini ditulis, mimin kosngosan tidak mendapatkan informasi apa pun mengenai kampus ini. Apabila kalian mengetahui informasinya, mimin akan senang hati untuk mengupdate postingan ini. Bisa hubungi mimin di halaman kontak

3. Politeknik Negeri Fak Fak

POLINEF didirikan di Papua Barat tanggal 18 Oktober 2012 silah berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 68 tahun 2012 mengenai Pendirian, Organisasi dan Tata Kelola Politeknik Negeri Fakfak.

Aktifitas akademik di Politeknik ini dimulai pada tahun 2013 dengan mengusung pendidikan vokasional melalui program studi DIII dengan tiga program studi unggulan yaitu Teknik Sipil, Teknik Perawatan dan Perbaikan Mesin dan Manajemen Informatika. Kemudian ada dua program studi baru yaitu Teknik Listrik dan Agro Industri.

4. Institut Seni Budaya Indonesia Tanah Papua

ISBI Tanah Papua merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik yang ada di pulau Papua. Pada awalnya kampus ini punya program studi sebanyak 5 yaitu program studi Seni Tari, program studi Seni Musik, program studi Seni Rupa Murni, program studi Kriya Seni, dan program studi Desain Komunikasi Visual. Program studi tersebut merupakan embrio program studi ISBI Tanah Papua dari 12 program studi yang akan diselenggarakan.

Jadi bila kamu memang memiliki passion dibidang seni, tidak ada salahnya untuk mendaftar menjadi mahasiswa di ISBI. Perguruan tinggi ini memiliki misi untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan mengembangkan potensi dan pluralitas seni budaya lokal dan nasional untuk membangun jati diri masyarakat agar memiliki daya saing global.

5. Universitas Cendrawasih

Uncen adalah kampus tertua di pulau Papua. Didirikan pada tanggal 10 November 1962, di kota baru atau sebutan kota Jayapura sekarang. Uncen saat ini telah memiliki 9 Fakultas dengan 51 Program Studi dan juga Program Pascasarjana dengan 21 Program Studi dan berlokasi pada dua kampus, kampus Abepura dan Kampus Waena.

Pada lulusan Uncen mencapai 50.000 orang tersebar di seluruh Indonesia bahkan juga di luar Negeri. Terlebih khusus saat ini Papua banyak dipimpin oleh lulusan Uncen.

6. Universitas Musamus Merauke

Disingkat dengan UNMUS Merauke, menjadi salah satu perguruan tinggi negeri yang terbaik di tanah Papua. Awal bernama Sekolah Tinggi Teknologi Merauke (STTM) yang didirikan pada tanggal 26 Januari 2001 silam.

Perguruan tinggi ini memiliki beberapa Fakultas, yaitu Fakultas Pertanian yang terdiri dari Agroteknologi, Keteknikan Pertanian, Agribisnis, Peternakan dan Manajemen Sumberdaya Pertanian. Ada juga Fakultas Hukum yang terdiri dari Prodi Ilmu hukum. Fakultas Teknik yang terdiri dari Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Mesin, Teknik Informatika, Teknik Elektro, dan Sistem Informasi.

Untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdiri dari prodi Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi Pembangunan. Sementara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari prodi Administrasi Negara. Dan juga ada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan

7. STAIN Sorong

Tidak hanya perguruan tinggi umum, ada juga sekolah tinggi agama islam negeri sorong yang menjadi salah satu yang terbaik di Papua. STAIN Sorong adalah perubahan status dari Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) Swasta menjadi Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN).

STID Al-Hikmah Sorong dulunya merepresentasi Fakultas Dakwah, IAIN Ternate dengan Fakultas Tarbiyah, dan IAIN Ambon merepresentasikan Fakultas Syariah dan Ushuluddin. Dengan pertimbangan jurusan dan fakultas yang berbeda, ketiga pimpinan perguruan tinggi ini sepakat ingin mendirikan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) di wilayah Timur dengan sistem satu manajerial.

8. Poltekkes Kemenkes Sorong

Politeknik Kesehatan ini berada di Provinsi Papua Barat, termasuk salah satu dari 5 politeknik kesehatan yang baru menjadi satker sendiri pada tahun 2012 setelah di sahkan pendiriannya melalui surat keputusan menteri kesehatan. sejak berdiri sendiri pada tahun 2012

Politeknik kesehatan kemenkes sorong telah memiliki 3 jurusan yaitu keperawatan, kebidanan, dan gizi. jurusan keperawatan meiliki 3 program studi D-III dan 1 program studi d-iv dan jurusan kebidanan memiliki 2 prodi D-III serta jurusan gizi memiliki 1 prodi D-III

9. Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong

Disingkat dengan Poltek KP Sorong merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan pada lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan, yang statusnya berada di bawah tanggung jawab Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia

Politeknik KP Sorong sebelumnya bernama Akademi Perikanan Sorong yang resmi berdiri pada tanggal 01 Mei 2001 silam. Saat ini memiliki program studi Diploma III Teknik Penangkapan Ikan, Diploma III Mekanisasi Perikanan dan Diploma III Teknik Budidaya Perikanan.

10. Universitas Muhammadiyah Sorong

Setelah kita bahas perguruan tinggi negeri, saat nya kita bahas perguruan tinggi swasta terbaik yang ada di tanah Papua. PTS ini menjadi satu-satunya Universitas swasta milik organisasi Muhammadiyah yang berada di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat.

Awal pendirian berupa sekolah Tinggi Ilmu Admistrasi Negara (STIA) Al- Amin Sorong pada tanggal 30 Oktober 1984 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Memiliki 5 fakultas dan 10 program studi baru berdasarkan Keputusan Dirjen Dikti Depdikbud.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.