Perbedaan Berkas Pengangkut pada Batang Monokotil dan Dikotil

Perbedaan Berkas Pengangkut pada Batang Monokotil dan Dikotil

Monokotil dan dikotil adalah dua jenis tumbuhan yang dapat dibedakan melalui berkas pengangkutnya.

Perbedaan berkas pengangkut pada batang monokotil dengan batang dikotil adalah berkas pengangkut monokotil tersebar sedangkan berkas pengangkut dikotil lebih tersusun.

Untuk lebih memahaminya, berikut adalah perbedaan berkas pengagkut pada batang monokotil dengan batang dikotil!

Susunan

Hal pertama yang membedakan berkas pengangkut pada batang monokotil dengan batang dikotil adalah susunannya. Apakah berkas pengangkut pada batang monokotil terususun beraturan?

Dilansir https://www.rs-import.com/ dari Lumen Learning, berkas pembuluh pada batang monokotil tersebar secara acak di seluruh jaringan dasar.

Sedangkan, berkas pengangkut pada batang dikotil lebih tersusun secara melingkar dalam bentuk cincin yang putus-putus. Cincin berkas pembuluh pada batang dikotil berada di skitar empulur pusatnya.

Keberadaan kambium

Susunan tersebut dikarenakan berkas pengangkut pada dikotil dipisahkan oleh kambium. Sedangkan, berkas pengangkut pada monokotil tidak dipisahkan oleh kambium sehingga lebih menyebar.

Dilansir dari Visible Body, ketikdakberadaan kambium pada batang monokotil dikarenakan tumbuhan monokotil tidak mengalami pertumbuhan sekunder.

Tipe kolateral

Perbedaan berkas pengangkut pada batang monokotil dengan batang dikotil adalah berkas pengangkut monokotil selanjutnya adalah tipe koleteralnya.

Berkas pengangkut pada batang dikotil termasuk tipe koleteral terbuka yang berbentuk baji. Sedangkan, berkas pengangkut pada batang monokotil termasuk ke dalam tipe koleteral tertutup yang berbentuk lonjong.

Ukuran

Perbedaan berkas pengangkut pada batang monokotil dengan batang dikotil selanjutnya adalah ukurannya. Batang dikotil memiliki ukuran berkas pengangkut yang seragam. Artinya, setiap bundle xilem dan floem pada batang dikotil memiliki ukuran yang sama.

Sedangkan, ukuran berkang pengangkut pada batang monokotil lebih beragam. Dilansir dari Microbe Notes, bundel xilem dan floem memiliki ukuran yang berbeda tergantung pada posisinya di batang.

Bundel xilem dan floem yang berada di bagian tengah batang memiliki ukuran yang lebih besar daripada yang berada di pinggiran batang monokotil.

Keberadaan parenkim floem

Pada batang dikotil, berkas floem mengandung parenkim floem. Sedangkan, pada batang monokotil tidak terdapat parenkim floem dalam berkas floemnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.