Omicron

Belum Kelar Omicron XE, Covid Varian XJ Diduga Muncul di Thailand

Seorang pria di Thailand diduga mengidap Covid-19 Omicron XJ, ketika kemunculan varian XE masih menjadi perhatian. Jika benar, ini merupakan temuan varian XJ pertama di Negeri Gajah Putih.

Direktur jenderal Departemen Ilmu Medis Thailand, Supakit Sirilak, mengonfirmasi bahwa seorang pria berusia 34 tahun diduga terinfeksi virus corona varian XJ itu. Menurut Supakit, pria tersebut menjalani tes di rumah sakit di Bangkok pada 22 Februari. Hasil tes menunjukkan pria itu terinfeksi virus corona yang sangat mirip dengan kombinasi XJ.

Omicron Kian Meningkat

“Kami masih butuh informasi untuk konfirmasi. Sangat mungkin ini merupakan rekombinan varian XJ,” ucap Supakit, seperti dilansir Bangkok Post, Senin (4/4). Supakit mengatakan, pria itu sudah mendapatkan vaksinasi lengkap menggunakan Sinopharm. Namun, profesinya sebagai kurir membuatnya rentan terinfeksi corona. “Dia bertemu banyak orang karena pekerjaannya, membuatnya rentan terinfeksi,” katanya seperti yang dilansir dari pembahasan seputar dunia kesehatan.

Kini, pihak berwenang masih meneliti varian yang menginfeksi pria tersebut XJ atau bukan. XJ sendiri merupakan rekombinan varian Omicron BA1 dan BA2. Varian ini pertama kali ditemukan di Finlandia.

Kombinasi XJ ini mirip dengan varian XE. Sebelumnya, Thailand sudah mendeteksi varian XE.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan Indonesia mengklaim mutasi virus corona varian Omicron XE itu belum ditemukan di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.