Cara Menjaga Sistem Imun Tubuh Tetap Kuat

“Penerapan hidup sehat seperti rutin berolahraga, konsumsi makanan sehat, dan tidur yang cukup, tentu dapat menjaga imunitas tubuh. Di samping itu, jangan lupakan konsumsi suplemen seperti immunomodulator dan vitamin. Tujuannya, agar imunitas tubuh dapat terjaga dengan lebih optimal.”

Pandemi COVID-19 hingga kini masih berlangsung di seluruh dunia. Oleh sebab itu, setiap orang tentu perlu menjaga sistem imun tubuhnya tetap kuat agar tidak mudah tertular virus tersebut. Sebab, sistem imun atau kekebalan tubuh merupakan pelindung terdepan bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Apabila daya tahan tubuh tidak dijaga, tubuh tentu akan mudah sekali terserang berbagai penyakit. Salah satunya risiko tertular COVID-19. Nah, berikut adalah beberapa cara sederhana dan efektif untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar selalu prima. Penasaran apa saja? Yuk, simak informasinya di sini!

Cara Efektif Menjaga Sistem Imun

Penerapan pola hidup sehat adalah cara paling efektif untuk menjaga sistem imun tubuh agar tetap kuat. Nah, berikut beberapa cara yang bisa kamu coba.

Rutin Berolahraga

Aktivitas fisik seperti olahraga secara teratur dapat memperkuat sistem kekebalan yang dapat membantu tubuh melawan infeksi virus. Menurut anjuran World Health Organization (WHO), orang dewasa direkomendasikan untuk berolahraga (intensitas ringan-sedang) selama 150 menit dalam satu minggu.

Durasi ini bisa dibagi-bagi menjadi 30 menit per hari sebanyak lima hari. Nah, contoh olahraga yang dapat kamu lakukan adalah berjalan, jogging, bersepeda, yoga, berenang, atau jenis olahraga lainnya.

Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Makanan merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan selama masa pandemi COVID-19. Maka dari itu, pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

Sebab, makanan dengan gizi seimbang mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Contohnya seperti serat, karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral penting lainnya. Asupan nutrisi tersebut berperan dalam dalam menjaga sistem imun, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup melalui tidur sekitar 7-9 jam setiap malamnya, merupakan cara sederhana untuk meningkatkan sekaligus menjaga sistem imun tubuh tetap kuat.

Pasalnya, tanpa tidur atau istirahat yang cukup, tubuh tidak dapat memproduksi sitokin dalam jumlah banyak. Nah, sitokin merupakan sejenis protein pada tubuh yang berfungsi untuk melawan peradangan, infeksi, sekaligus secara efektif menciptakan respon imun tubuh.

Mengonsumsi Suplemen Kesehatan

Jika penerapan pola hidup sehat sudah dilakukan, jangan lupa untuk mengonsumsi suplemen penambah daya imun tubuh. Tujuannya agar imunitas tubuh menjadi lebih baik.

Sistem imun membutuhkan nutrisi yang cukup dan optimal agar dapat berfungsi secara baik. Imunonutrisi adalah nutrisi yang memiliki efek pada sistem kekebalan tubuh.

Terdapat beberapa jenis nutrisi yang dapat digolongkan sebagai imunonutrisi: yaitu asam lemak (omega 3 dan omega 6), asam amino (arginine, glutamine), asam-asam lemak, nukleotida, vitamin (A, B, C, D, E) mikronutrien (zinc, selenium, tembaga), karoten (beta carotene, lycopene, catechin), dan nutrisi dari bahan herbal lainnya (echinacea, curcumin) maupun hewani (coenzyme Q-10).

Sistem imun yang terjaga dengan baik tentu dapat mencegah risiko berbagai macam penularan penyakit, termasuk COVID-19. Nah, salah satu suplemen yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah Imboost Force Ultimate.

Mengapa Imboost Force Ultimate?

Kandungan Echinacea purpurea pada Imboost Force Ultimate yang bersifat imunomodulator dapat mengatur kerja sistem imun tubuh. Berdasarkan hal itu, Echinacea purpurea berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan, sehingga tubuh dapat mengurangi risiko infeksi berbagai penyakit akibat bakteri dan virus.

Sebuah penelitian tahun 2020 yang diterbitkan pada Virology Journal, menunjukkan bahwa paparan ekstrak Echinacea purpurea selama 60 detik menyebabkan pengurangan inefektivitas salah satu jenis virus corona varian Alfa, yakni HCoV-229E.

Perlu diketahui bahwa sejauh ini, tercatat ada empat corona varian alfa yang sudah menyerang manusia, yaitu HCoV-229E; HCoV-NL63; HCoV-OC43; dan HCoV-HKU1.

Selain Echinacea purpurea, Imboost Force Ultimate juga memiliki kandungan black elderberry, zinc, dan vitamin esensial seperti vitamin C (dalam bentuk Pureway-C) dan vitamin D. Kombinasi keseluruhan kandungan tersebut, tentu dapat memberikan manfaat yang optimal dalam menjaga sistem imun tubuh tetap kuat.

Kombinasi Echinacea purpurea, black elderberry, zinc, dan vitamin esensial seperti vitamin C (dalam bentuk Pureway-C) dan vitamin D, sudah teruji peranan pentingnya. Berdasarkan hasil sebuah penelitian yang diterbitkan pada Hindawi (2018), kombinasi tersebut dapat digunakan untuk pencegahan, pengobatan, memperpendek durasi sekaligus mengurangi keparahan gejala flu.

Vitamin C Generasi Terbaru

Jenis vitamin C (dalam bentuk Pureway-C) yang terkandung dalam komposisi Imboost Force Ultimate, merupakan generasi terbaru. Pureway-C mengandung metabolit lipid dan berbeda dengan senyawa vitamin C konvensional. Nah, metabolit lipid sudah diketahui efektivitasnya dalam meningkatkan penyebaran dan penyerapan vitamin C esensial pada tubuh.

Sebuah penelitian yang terbit pada tahun 2007, juga menunjukkan bahwa vitamin C dalam bentuk Pureway-C memiliki antioksidan dan kemampuan menangkal radikal bebas yang lebih tinggi dari vitamin C biasa.

Nah, itulah penjelasan mengenai cara menjaga sistem imun tubuh tetap kuat melalui penerapan hidup sehat. Apabila beberapa kegiatan positif sudah dilakukan, jangan lupa untuk mengonsumsi kombinasi suplemen imunomodulator dan vitamin.

Dengan melihat berbagai manfaat suplemen di atas, Imboost Force Ultimate hadir sebagai pilihan suplemen yang menggabungkan manfaat Imunomodulator dan vitamin dalam 1 tablet. Jangan lupa untuk mengonsumsinya sesuai dengan aturan pakai, agar manfaat yang diperoleh dapat dirasakan secara maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.