Pentingnya Sarapan Sebelum Melakukan Kegiatan

Selama ini ibu selalu berpesan untuk tidak melewatkan sarapan setiap pagi, dan hal tersebut benar adanya. Sarapan merupakan hal terpenting dilakukan di pagi hari sebelum memulai aktivitas tidak sekadar menyuplai kebutuhan energi, juga memberikan manfaat lainnya bagi kesehatan.

Salah satu manfaat sarapan setiap hari sebelum memulai aktivitas adalah peningkatan metabolism tubuh yang membantu membakar lebih banyak kalori dan meningkatkan konsentrasi sehingga pekerjaan bisa lebih cepat selesai.

Berikut ini adalah manfaat sarapan sehat yang mungkin belum Anda ketahui.

Manfaat Sarapan

Mengontrol Berat Badan

Penelitian membuktikan bahwa orang-orang yang menyantap sarapan pagi baik orang dewasa maupun anak-anak memiliki berat badan yang lebih ringan ketimbang mereka yang sering melewatkannya.

Sebuah teori menyatakan bahwa dengan mengonsumsi sarapan sehat dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama dan membantu seseorang menentukan makan siang yang lebih tepat atau tidak berlebihan.

Banyak orang yang berpikir bahwa melewatkan hidangan di pagi hari dapat mencegah peningkatan berat badan karena asupan kalori yang lebih sedikit, padahal strategi ini tidak begitu efektif karena Anda akan mengonsumsi lebih banyak kalori saat makan siang.

Sarapan Membantu Meningkatkan Daya Ingat

Karbohidrat mungkin menjadi momok bagi Anda yang menjalankan program penurunan berat badan, akan tetapi fakta menunjukkan bahwa karbohidrat memiliki peran penting yaitu meningkatkan kinerja otak. Dengan mengonsumsi sarapan pagi yang sehat, Anda dapat mempertajam daya ingat serta konsentrasi serta meningkatkan suasana hati. Sebagai bonus, manfaat sarapan lainnya adalah menurunkan tingkat stress.

Mencegah Diabetes Tipe 2

Sebuah penelitian ilmiah menemukan fakta mengejutkan terkait manfaat sarapan. Dengan menyantap hidangan pagi secara teratur dan sehat, Anda bisa mencegah diabetes tipe 2 hingga 30 persen.

Alasannya adalah melewatkan sarapan pagi dapat menyebabkan peningkatan resistensi insulin yang menjadi penyebab utama diabetes tipe 2.

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Manfaat sarapan sehat berikutnya adalah pencegahan resiko penyakit jantung bagi orang-orang berusia 45 tahun hingga 82 tahun. Penelitian ini juga menemukan bahwa orang-orang yang melewati sarapan cenderung mengalami hipertensi dan peningkatan kadar gula darah di usia tua.

Prochiz Lovers, sekarang Anda sudah tahu apa saja manfaat sarapan bagi kesehatan. Oleh karena itu, yuk mulai biasakan diri dan keluarga untuk tidak melewatkan sarapan sehat. Memulai kebiasaan menyantap hidangan pagi bisa dimulai dari menu sederhana seperti telur dan keju Prochiz. Sangat mudah, kan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.