Daftar 5 Sekolah Kebidanan Terbaik di Jakarta

Daftar 5 Sekolah Kebidanan Terbaik di Jakarta

Pernah memiliki cita-cita untuk menjadi seorang bidan? Kamu bisa mencoba mengambil pendidikan kebidanan untuk menempuh pendidikan tinggi. Kebidanan merupakan salah satu jurusan yang akan membantu mengajarkan kamu bagaimana cara menolong persalinan. Nanti kamu akan dilatih untuk melakukan pemeriksaan kehamilan, melakukan perawatan, dan memberikan asuhan kepada para pasien.

Nah, di Indonesia ini banyak jurusan kebidanan yang bisa dipilih loh. Apalagi di daerah Jakarta, tentu sangat banyak pilihan sekolah kebidanan. Sekolah kebidanan di Jakarta tersebut bisa membantu kamu belajar untuk menjadi seorang bidan profesional.

Sekolah Kebidanan di Jakarta Paling Berkualitas

Kamu tentu ingin mendapatkan kualitas pendidikan terjamin bukan? Dengan kualitas pendidikan terbaik, tentu bisa membantu kamu mempelajari tugas dan cara menjadi bidan dengan baik. Nah, berikut ini sekolah bidan di daerah Jakarta yang bisa dipilih.

1. Akademi Kebidanan Kartini Jakarta

Akademi Kebidanan Kartini Jakarta adalah salah satu lembaga pendidikan tinggi yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan ilmu kebidanan. Kampus ini merupakan lembaga pendidikan tinggi swasta yang telah mendapatkan akreditasi B. Akademi Kebidanan Kartini Jakarta didirikan oleh Ibu Haji Kartini S.SiT.,M.Kes sejak 17 Juni 2009.

Tersedia program studi D3 Kebidanan dengan akreditasi B yang bisa kamu pilih. Program studi tersebut akan mempelajari berbagai macam bidang, seperti asuhan kebidanan komunitas, biologi dasar dan biologi perkembangan, kesehatan masyarakat, asuhan kebidanan nifas dan menyusui, mutu layanan kebidanan dan kebijakan kesehatan, dan lain sebagainya.

2. Universitas Binawan

Selanjutnya untuk program studi kebidanan kamu juga bisa bergabung dengan Universitas Binawan yang berada di daerah Jakarta Timur. Universitas Binawan adalah salah satu pusat pendidikan tinggi di Indonesia yang berada dibawah badan penyelenggara pendidikan yayasan Binawan.

Jadi kampus ini sudah berdiri sejak 28 Februari 2000 dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Binawan, Kemudian pada tahun 2018 berubah menjadi Universitas Binawan. Jika tertarik dengan program studi kebidanan, kamu bisa bergabung dengan Fakultas Keperawatan dan Kebidanan.

Program studi Kebidanan di kampus ini disediakan untuk jenjang pendidikan D3. Kamu akan mendapatkan berbagai macam mata perkuliahan, seperti asuhan kebidanan persalinan, asuhan kebidanan kehamilan, hypnobirthing, dan lain sebagainya.

3. Akademi Kebidanan Sismadi

Akademi Kebidanan sismadi adalah perguruan tinggi swasta dengan akreditasi B. Kampus ini memiliki visi untuk menciptakan tenaga bidan profesional dan berdaya saing tinggi sehingga bisa memberikan pelayanan kebidanan secara benar baik dan pantas sesuai dengan perkembangan IPTEK. Akademi Kebidanan sismadi juga merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi tenaga kesehatan bidan pertama di Jakarta loh.

Dengan akreditasi B, program studi Kebidanan di kampus ini tersedia untuk jenjang pendidikan D3 atau Diploma 3. Kamu bisa mendapatkan kualitas pendidikan terjamin karena berbagai macam fasilitas tersedia.

4. Poltekkes Kemenkes Jakarta III

Selanjutnya ada Poltekkes Kemenkes Jakarta III yang merupakan Politeknik Negeri dengan akreditasi B. Lembaga pendidikan yang satu ini merupakan perguruan tinggi negeri di bawah Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Karena berada di bawah institusi pemerintahan, Salah satu keunggulan lulusan dari Poltekkes ini memiliki kesempatan untuk bekerja di berbagai macam instansi kesehatan pemerintah.

Program studi kebidanan memiliki tujuan untuk bisa menghasilkan tenaga bidan profesional sehingga mereka mampu melaksanakan tugas kebidanan dengan baik. Jenjang waktu belajar yang tidak terlalu lama, tentu lulusan Poltekkes ini bisa langsung terjun ke masyarakat untuk mengabdikan diri.

Di lembaga pendidikan tinggi yang satu ini, kamu bisa mendapatkan program D3 Kebidanan dengan akreditasi A. Kamu juga bisa mengambil profesi  Bidan yang telah mendapatkan akreditasi B. Tertarik untuk bergabung? Kamu bisa melihat website resmi kampus secara langsung ya.

5. Akademi Kebidanan Yayasan Rumah Sakit Jakarta

Akademi Kebidanan Yayasan Rumah Sakit Jakarta adalah Akademi swasta dengan akreditasi C. Pada tahun 1964, sekolah pembantu perawat adalah cikal bakal pendidikan kesehatan di Yayasan Rumah Sakit Jakarta. Kemudian sampai pada tahun 1977, berubah nama menjadi sekolah bidan Cut Nyak Dien.

Sekolah Kebidanan Jakarta ini sempat vakum sementara, Kemudian pada tahun 2007 dihidupkan kembali dengan nama akademi kebidanan Yayasan Rumah Sakit Jakarta. Kamu bisa mengambil program studi D3 Kebidanan dengan akreditasi C.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.