Makna 3 Warna Bendera Rusia Sejak Era Tsar 1705, Semula Bendera Kapal Dagang

Makna 3 Warna Bendera Rusia Sejak Era Tsar 1705, Semula Bendera Kapal Dagang

Bendera Rusia adalah bendera tiga warna yang terdiri dari tiga bidang horizontal yaitu bagian atas berwarna putih, bagian tengah berwarna biru, dan bagian bawah berwarna merah.

Awalnya, bendera tersebut hanya digunakan untuk kapal dagang Rusia tetapi pada 1696 menjadi bendera resmi Ketsaran Rusia hingga 1922. Bendera Rusia ini merupakan sumber dari warna-warna Pan-Slavia yang terdapat pada bendera-bendera negara-negara Slavia, yaitu Ceko, Slowakia, dan Serbia, dilansir dari laman sekolah Tinggi Teknologi Bandung.

Dilansir dari laman Russia Beyond, tidak ada interpretasi resmi tentang pentingnya warna dalam bendera Rusia. Tapi, secara umum warna putih melambangkan kedamaian, kemurnian dan kesucian. Biru adalah warna iman, kesetiaan dan keteguhan dan merah mewakili kekuatan dan darah yang telah ditumpahkan untuk tanah air.

Pada kekuasaan Pyotr I tahun 1705, kapal dagang Rusia harus mengibarkan bendera putih, merah dan biru.

Garis putih diyakini telah menandakan kebebasan dan kemerdekaan, biru terhubung dengan gambar-gambar religius dan juga para pembela tanah perkasa Rusia, sementara merah, seperti hari ini, melambangkan keberanian dan keberanian tentara yang bersedia menyerahkan hidup mereka untuk negara. Dan begitulah tiga warna itu tetap menjadi lambang angkatan laut.

Setelah era Pyotr I, tersebut tidak digunakan lagi dan diganti dengan warna hitam dan emas heraldik yang menjadi populer di kalangan tentara.

Pada tahun 1883, Alexander III memutuskan untuk membawa kembali putih, biru dan merah untuk acara-acara seremonial dan, setelah perdebatan rinci tentang pentingnya warna, Nicholas II memutuskan untuk menjadikannya lambang nasional lagi.

Pada saat itu, warna diberi penjelasan resmi yaitu Putih untuk kebebasan, biru untuk Bunda Allah dan merah sebagai simbol kekuasaan negara. Selan itu juga untuk menghidupkan kembali tradisi Pyotr I.

Secara bersamaan adapun tujuannya lainnya adalah untuk menunjukkan kedekatannya dengan orang-orang. Warna-warna itu juga dimaksudkan untuk menyatukan seluruh kekaisaran yang luas.

Secara umum, bagi pikiran rakyat Rusia apa yang merah itu baik dan indah. Menurut sebuah laporan tentang warna yang disiapkan untuk Tsar.

Putih juga merupakan warna kemurnian dan kebebasan, dan juga melambangkan negara Rusia yang ditutupi salju di musim dingin.

Sementara dikutip https://www.rs-import.com/ dari world population review,  ada berbagai makna tentang apa yang dilambangkan oleh bendera Rusia. Selama bertahun-tahun dikatakan mewakili sifat yang berbeda. Meskipun tidak ada keputusan resmi tentang apa yang dilambangkan oleh bendera tersebut, namun ada makna yang populer di kalangan rakyat Rusia.

Banyak orang percaya bahwa warna putih berarti kejujuran dan kemuliaan. Orang Rusia percaya bahwa warna biru melambangkan banyak hal, termasuk kesetiaan, kesucian, dan kejujuran. Warna merah dipercaya melambangkan cinta, keberanian, dan kemurahan hati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.